DIANPINRU Kepemimpinan untuk kaula Remaja



       Mengawali kegiatan pramuka tahun 2015 Sako SPN Cabang Jakarta utara menyelenggarakan kegiatan bagi adik-adik penggalang. Kegiatan yang menumbuhkan semangat jiwa kepemimpinan kepramukaan dan menambah wawasan pramuka penggalang, serta menanamkan kesadaran akan tugas dan kewajiban khususnya bagi para pemimpin regu penggalang. Kegiatan tersebut bisa kita kenal dengan DIANPINRU atau lebih lengkapnya Gladian Pimpinan Regu. Tepatnya kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 22 Maret 2015 bertempat di aula pondok al – akbar kecamatan Tg Priok Jakarta Utara.

       Peserta DIANPINRU merupakan para pemimpin regu dan wakil pemimpin regu yang memiliki tugas dan kewajiban untuk mengelola regu secara maksimal. Sehingga mereka diberikan bekal kemampuan ketrampilan agar lebih memahami dan mampu menerapkan serta menstransfer wawasan tersebut kepada anggota regunya di tambah dengan perwakilan Mubaligh/mubalighot serta kepemudaan dari majelis taklim mingguan yang ada di sanggar masing-masing. Karna Sako SPN merupakan gerakan pramuka indonesia yang berbasis didalam Masjid. Selain itu pembekalan dan penanaman jiwa-jiwa kepemimpinan diberikan pula sebagai sarana pengetahuan untuk lebih tanggap dalam mengelola regu, serta mampu menyelesaikan masalah dalam regunya melalui sistem kepemimpinan yang dimiliki.















       Materi yang disajikan antara lain : Dinamika kelompok, musyawaroh gugus depan, pengetahuan kepramukaan, pendalaman sandi-sandi, upacara satuan penggalang, pionering, kepemimpinan, TKU, SKU dan SPG, SKK dan Lain Sebagainya.

       Mengingat materi yang di sajikan ini sangat dibutuhkan dan penting maka target peserta yaitu perwakilan dari tiap-tiap sanggar/ majelis taklim mingguan minimal sebanyak 4 orang dan keseluruhan yang hadir berjumlah 50 Orang dengan mudah tercapai. Tentunya dengan banyaknya jumlah peserta dari berbagai majelis taklim mingguan yang berbeda maka semangat kegiatan pun mulai tumbuh karena mereka mampu berinteraksi dan memiliki kawan baru. Hal ini terbukti ketika di tengah-tengah pelaksanaan kegiatan DIANPINRU sangat antusias disaat pemberian materi-materi yang disampaikan. Salah satu peserta Mela Asifa sangat senang akan kegiatan ini karna menambahkan ilmu saya tentang kepramukaan yang lebih mendalam dan mudah dimengerti untuk saya laksanakan di kegiatan yang ada di tempat kami. Begitu juga dengan Ka Juni Eka atau sering disebut Ka Ujang selaku ketua pelaksana menyampaikan ini merupakan kegiatan pertama kami disako spn cabang jakarta utara untuk tahun 2015 ini sebagai wujud gemblengan/pendidikan untuk pemimpin-pemimpin yang ada di gudep/majelis masing-masing agar bisa menjadi seorang pramuka dan pemimpin yang hebat. Dan untuk kedepannya kegiatan DIANPINRU Sako Cabang Jakarta Utara akan selalu dilaksanakan selanjutnya dalam kurun waktu 2 bulan sekali. 

(Abdulloh/Galang)

0 komentar:

Posting Komentar

Clock World


Garuda Di Dadaku - Netral Mp3
Mp3-Codes.com